Mengenal Mesin Cuci Front Loading

Berdasarkan sejarahnya mesin cuci elektrik pertama diciptakan dan dipatenkan pada tahun 1908 oleh John Alva Fisher, seorang insinyur asala Amerika. Saat ini mesin cuci memiliki 3 jenis, yaitu mesin cuci dua tabung (twin tube) yang sering digunakan, top loading, dan mesin cuci front loading.

Mesin cuci front loading merupakan inovasi terkini. Mesin cuci front loading memiliki kemampuan mencuci pakaian lebih banyak (8-10 kg sekali cuci) , melihat kapasitas pencucian ini maka banyak para pengusaha laundry dan hotel yang menggunakan mesin cuci front loading ini karena mereka membutuhkan kapasitas cucian dan pemerasan cukup besar untuk mencuci bed cover, selimut, gorden atau bahan-bahan lain yang cukup berat.Posisi tabungnya mendatar (horizontal), dan sistem pencuciannya mengikuti gaya gravitasi bumi. Jadi, saat mesin cuci bekerja, pakaian akan bergerak keatas dan kebawah. Faktor lainnya adalah Mesin front loading hanya membutuhkan sepertiga jumlah air,karena tabung berputar secara horizontal dan gravitasi putaran menjatuhkan atas-bawah pakaian ke air. Untuk pembilasan dengan sitem semprotan air dan tabung terus berputar. Karena model front loading tidak memiliki agitator, jadi ruang untuk penyucian lebih banyak.

Menggunakan mesin cuci front loading akan membuat kita lebih menghemat air karena telah dilengkapi selenoid untuk mengatur penggunaan air. Untuk prinsip kerjanya, mesin cuci jenis ini meggunakan sistem h-axis (pulsator berputar secara horizontal). Pada prinsipnya proses kerja antara mesin cuci biasa dengan mesin cuci front loading adalah sama, hanya saja yang membedakan adalah kapasitas cucian yang bisa diproses dalam mesin cuci tersebut.

Kelebihan dari mesin cuci jenis front loading adalah :

  • Proses dalam mencuci atau membilas dengan cara menggilas cucian dipercaya lebih efektif dibandingkan dengan cara memusarkan cucian didalam air deterjen/air bersih.
  • Baju lebih awet karena kemungkinan perubahan bentuk pada pakaian misalnya bahan kaos sangat tidak mungkin karena cara kerja mesin cuci ini, ataupun baju yang tersangkut.
  • Seluruh proses pencucian diatur secara otomatis oleh mesin cuci, dari pencucian, pembilasan hingga pengeringan tidak memerlukan campur tangan manusia.

Untuk jenis mesin front loading ini di rekomendasikan Anda menggunakan sabun cair/ liquid. Namun, jika tidak ada maka detergen bubuk juga tidak masalah. Dengan mengetahui kelebihan dari mesin cuci front loading, pastinya akan lebih menjadikan sebuah tips merawat mesin cuci di rumah yang bisa diaplikasikan ke berbagai jenis mesin suci termasuk untuk mesin cuci front loading.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s