Tetap Hemat Energi dengan AC

Suhu udara Jakarta yang panas dan faktor banyaknya kendaraan, pabrik dan gedung   menjadikan penduduk negara kita terutama Jakarta memilih menggunakan Disdtributor  AC Indonesia untuk membeli AC untuk membuat suhu ruangan lebih dingin. Namun melihat dampak terhadap lingkungan sekitar kita sudah sepatutnya kita mulai peduli terhadap penggunaan penyejuk ruangan ini. Berikut beberapa tips menghemat energi dalam pemakaian AC:

  1. Pilih AC yang hemat energi, kini sudah banyak produsen hingga distributor ac Indonesia yang sudah mulai concern terhadap pemilihan ac yang hemat energi.
  2. Salah satu ciri AC yang hemat energy dan baik untuk lingkungan adalah Freon yang digunakan. Salah satu freon yang ramah bagi lingkungan adalah Freon hidrokarbon.
  3. Ketahui besarnya BTU yang dibutuhkan. BTU adalah british thermal units, semakin besar BTU semakin besar ruangan yang dapat disejukkan. Cara paling sederhana adalah dengan menggunakan formula yang sederhana ini yaitu *P (panjang ruangan) x L (lebar ruangan) x 500* dan hasilnya adalah besarnya BTU yang anda butuhkan, misal ruangan anda adalah 3 x 2 m maka BTUnya adalah 3 x 2 x 500 = 3.000 BTU. BTU ini di Indonesia sangat jarang dijadikan patokan, untuk Indonesia biasanya digunakan PK
  4. Tinggalkan penyejuk ruangan Anda yang sudah terlalu lama dipakai. AC yang sudah bekerja selama hampir  10 tahun akan membutuhkan listrik 30%-50% lebih banyak.
  5. Rajin merawat AC, coil kondensor dan sirip AC secara teratur, tiap 3 bulan
  6. Dengan memelihara AC secara rutin, kita akan dapat menghemat pemakaian listrik sampai dengan 20%. Energi yang dikonsumsi peralatan pendingin akan lebih rendah 10% pada kondensor yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Terganggunya sirkulasi udara karena debu yang menumpuk, menyebabkan kondensor mengkonsumsi lebih banyak listrik.

AC yang hemat energy bukan secara otomatis kita sukses dalam menghemat energy, tapi yang diutamakan adalah bagaimana cara pemakaian kita. Seperti misalnya penggunaan timer untuk mematikan AC jika kita sudah terlelap di malam hari, menutup semua jendela dan pintu ketika Ac dinyalakan, mematikan AC ketika sudah tidak digunakan dan masih banyak hal lainnya lagi. Mari hemat energy (Mew)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s