Tips Membeli Water Heater

Water Heater Indonesia berarti pemanas air Indonesia. Kegiatan memanaskan air sudah sering kita lakukan sejak dulu. Kita biasanya memanaskan air ketika kita ingin mandi dan masak. Beberapa ibu rumah tangga juga memanaskan air ketika mereka akan mencuci piring yang kotor karena mentega. Jadi boleh dibilang kegiatan ini sudah ada.

Ketika kita ingin memanaskan air, kita harus mengambil air, memasukannya ke cerek/ panci, nyalain kompor, letakin cerek/panci air ke atas kompor lalu menunggu hingga air panas. Untuk mendapatkan air hangat saja, kita setidaknya perlu 10 menit. Bukan penggunaan waktu yang efesien. Apalagi ketika di jaman sebelum ada kompor, kita harus mengunakan kayu agar bisa menghasilkan api untuk memanaskan air.

Agar lebih efesien dan tidak perlu menunggu lama, maka bermunculan berbagai water heater modern. Pertama kali water heater hanya dapat ditemukan di daerah-daerah barat yang maju. Namun akhirnya water heater indonesia pun semakin banyak bermunculan. Memang produk water heater indonesia ini belum bisa diproduksi sendiri oleh Indonesia namun sekarang penduduk Indonesia sudah bisa menikmati water heater Indonesia tanpa perlu mengimpornya dari luar negeri.

Salah satu jenis water heater yang populer saat ini adalah solar water heater. Seperti namanya jenis water heater Indonesia ini memanaskan air dengan menggunakan panasnya cahaya matahari. Biasanya tipe ini merupakan jenis water heater yang memerlukan tangki penyimpanan. Fungsi tangki penyimpanan adalah menyimpan air yang sudah dipanaskan sehingga walaupun kita mau menggunakan pas malam hari, air panas tetap ada.

Tips Membeli Water Heater
Selain solar water heater, pemanas air masih memiliki jenis yang lain seperti gas, listrik atau tenaga buangan dari ac. Berikut beberapa tips yang mungkin membantu dalam memilih pemanas air yang tepat:

  1. Siapkan budget, perlu diingat bahwa semakin canggih pemanas air yang akan dibeli berarti semakin banyak juga budget yang harus dipersiapkan.
  2. Pelajari setiap tipe pemanas air yang ada agar tahu kekurangan dan kelebihan dari setiap tipe.
  3. Tentukan tipe pemanas air yang diinginkan. Ini harus disesuaikan dengan rumah tempat tinggal. Bila kita tinggal di daerah yang cahaya mataharinya kurang berati kita tidak bisa menggunakan solar water heater. Untuk water heater listrik, berarti kita harus siap bila biaya listriknya naik. Ingat setiap tipe memiliki keunggulan dan kelemahan.
  4. Setelah mengetahui tipe yang diingikan, saatnya mencari merek yang pas. Sekarang sudah banyak merek dagang yang ada di Indonesia; salah satunya adalah Inti Solar.
  5. Bandingkan spesifikasi alat pemanas air serta harga  yang ditawarkan. Dapatkan yang terbaik dengan harga yang tidak melebihi budget.

Semoga membantu. –hm-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s