Beberapa Jenis Dan Fungsi Peralatan Dapur

Peralatan dapur merupakan alat berperangnya para ibu untuk membantu membuat masakan dan kue untuk anggota keluarga. Tidak heran jika banyak para ibu-ibu selalu berusaha untuk melengkapi ruang dapur dengan berbagai jenis peralatan dapur.  Ibu-ibu tidak segan untuk selalu membeli peralatan dapur dengan merk dan jenis terbaru untuk melengkapi ruangan dapur menjadi lebih lengkap.  Peralatan dapur sendiri terdiri dari peralatan memasak, juga perlengkapan untuk makan dan minum dengan banyak macam dan macamnya.  Harga dari peralatan dapur juga bervariasi, mulai dari peralatan dapur dengan harga yang dapat dijangkau sampai dengan harga yang paling mahal. Itu tentunya diimbangi dengan fungsi dan manfaat yang akan diberikan oleh peralatan dapur tersebut.

Peralatan dapur sendiri dari zaman ke zaman mengalami perkembangan dalam hal bahan pembuat alat dapur mulai dari kayu sampai dengan sekarang bahan pembuat alat dapur dari stainless steel.  Semakin berkembangnya peralatan dapur dan juga peralatan rumah tangga, makin banyak juga informasi tentang tips dapur bersih dan sehat. Namun sebelum tips tersebut dilakukan, perlu diketahui beberapa jenis dan fungsi peralatan dapur, antara lain sebagai berikut :

Wajan.  Ini merupakan salah satu peralatan dapur yang digunakan sebagai alat memasak. Bahan pembuat wajan atau biasa di sebut penggorengan ini terbuat dari besi ataupun bahan logam lain. Fungsi wajan ini sebagai alat untuk mengolah berbagai macam bahan makanan kemudian dimasak dan pada akhirnya menjadi sebuah makanan.  Bahkan menurut beberapa tukang nasi goring, ada wajan yang dibuat dari bahan yang digunakan untuk membuat rel kereta api, karena dengan bahan tersebut wajan ini akan tahan lengket dan tahan lama juga. Namun untuk menjaga wajan tidak lengket dan berkarat, diperlukan adanya seasoning / pelapisan yang menggunakan minyak sebelum digunakan.

Kompor. Peralatan dapur yang satu ini berfungsi untuk membantu dalam mengolah sebuah makanan dengan panas yang diberikan. Panas ini di dapat dari minyak tanah, atau sekarang yang banyak digunakan adalah gas. Jenis kompor ini banyak mengalami perkembangan dan menghasilkan jenis-jenis kompor seperti kompor yang hanya menggunakan kayu bakar dan minyak tanah untuk memasak. Setelah itu berkembang lagi menjadi kompur minyak tanah, untuk jenis kompor ini banyak digunakan dikalangan bawah. Berkembang lagi menjadi kompor listrik yang menggunakan listrik atau menggunakan elemen pemanas. Setelah itu berkembang menjadi kompor gas yang sekarang banyak digunakan sebagai alat masak bagian dari peralatan dapur yang sangat dibutuhkan.

Panci. Ini juga merupakan jenis dari peralatan dapur yang digunakan jika untuk memasak air, sayur berkuah. Bahan pembuat panic ini biasanya dari logam sejenis baja, alumunium. Bentuk panci sendiri adalah bulat dan memiliki pegangan yang meyerupai seperti kuping sehingga memudahkan untuk diangkat. Untuk ukurannya, panci ini disesuaikan dengan ukuran liter seperti 1- 8 liter.

Langseng. Peralatan dapur ini merupakan peralatan dapur tradisional dan dapat ditemui di pedesaan. Alat dapur ini biasa digunakan untuk memasak nasi atau istilah lainnya adalah menanak nasi. Bahan dasar pembuat langseng ini dari campuran 2 jenis logam yaitu kuningan dan tembaga. Biasanya langseng ini berwarna merah kecoklatan dan mudah menempel. Cara membersihkannya cukup mudah hanya di cuci dengan sabun untuk cuci piring.

Microwave. Alat  dapur ini adalah satu peralatan dapur yang banyak digunakan para ibu untuk memasak khususnya untuk jenis makanan yang dipanggang atau kue. Microwave juga bisa disebut dengan oven. Peralatan dapur ini merupakan salah satu peralatan dapur modern  yang mudah dalam penggunaanya. Menggunakan listrik dan setting waktu, dalam sekejap makanan pun akan matang. Cara kerja dari peralatan dapur ini adalah dengan menggunakan gelombang mikro yang menyerap radiasi gelombang mikro menjadi panas dan ini akan membuat makanan menjadi cepat matang.

Mixer. Salah satu peralatan dapur yang digunakan untuk membuat sebuah adonan makanan. Biasanya alat dapur ini digunakan pada saat ingin membuat kue. Cara kerja alar dapur ini juga cukup mudah, hanya dengan menggunakan aliran listrik dan alat ini akan memutar dan mengocok bahan makanan menjadi adonan yang akan siap dimasak.

Semoga artikel mengenai beberapa jenis dan fungsi peralatan dapur dapat berguna. Apuy

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s